Backlink, dikenal pula sebagai Link Masuk, inbound link, inlink, dan link balik, yaitu link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Menurut terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain.
Inbound link pada awalnya penting sebagai dasar navigasi web, sekarang kepentingannya terletak pada peringkat dari search engine optimization (SEO). Jumlah backlink adalah salah satu indikasi popularitas atau pentingnya website atau halaman (misalnya, ini digunakan oleh Google untuk menentukan PageRank dari halaman web). Di luar SEO, membuat backlink halaman web mungkin hanya kebiasaan atau budaya, sebenarnya link menunjukkan sesuatu yang membuat pengunjung tertarik ke halaman tersebut.
Peringkat mesin pencari
Search Engine sering menggunakan jumlah backlink yang dimiliki sebuah situs web sebagai salah satu faktor terpenting untuk menentukan peringkat, popularitas dan tingkat kepentingan web. banyak website sering menggunakan berbagai teknik optimasi search engine untuk meningkatkan jumlah backlink yang menunjuk ke situs web mereka. Beberapa metode gratis digunakan oleh banyak orang sedangkan beberapa metode, seperti linkbaiting yang memerlukan sedikit perencanaan dan pemasaran untuk bekerja juga masih banyak dilakukan. Beberapa situs web memakai teknik "linkbaiting" secara alami, contohnya situs yang pertama dengan sebuah berita menarik yaitu berita tentang seorang selebriti adalah contoh yang baik. Ketika terjadi "linkbait", banyak situs akan link ke website 'terpancing' karena ada informasi di sana yang ekstrim menarik sejumlah besar orang.
Ada beberapa faktor yang menentukan nilai dari backlink. Backlink dari situs otoritatif mengenai suatu topik tertentu sangat berharga. Jika kedua situs memiliki konten yang diarahkan untuk kata kunci topik, backlink adalah dianggap relevan dan diyakini memiliki pengaruh yang kuat pada mesin pencari peringkat halaman web diberikan backlink. Faktor penting lain adalah teks backlink jangkar. Anchor text adalah deskriptif label hyperlink seperti yang muncul pada laman web. Bots mesin pencari (yakni, laba-laba, crawler, dll) memeriksa teks jangkar untuk mengevaluasi bagaimana relevan adalah untuk konten pada halaman web. Jangkar teks dan halaman web konten adanya kesesuaian yang sangat berbobot dalam hasil halaman (SERP) peringkat mesin pencari halaman web sehubungan dengan permintaan kata kunci apapun oleh pengguna mesin pencari.
Sebagian besar konten manajemen sistem termasuk fitur untuk melacak Backlink, disediakan situs eksternal menghubungkan mengirim pemberitahuan ke situs target. Kebanyakan sistem wiki mencakup kemampuan untuk menentukan apa halaman link internal ke halaman tertentu, namun tidak melacak pranala ke halaman tertentu.
Mesin pencari paling komersial menyediakan sebuah mekanisme untuk menentukan jumlah backlink yang mereka direkam ke halaman web tertentu. Sebagai contoh, Google dapat dicari menggunakan link:www.wikipedia.org untuk menemukan jumlah halaman di Web menunjuk ke http://www.wikipedia.org/. Google hanya menunjukkan sebagian kecil dari jumlah link yang menunjuk ke situs. Itu kredit banyak backlink yang lebih daripada itu menunjukkan untuk setiap situs web.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "BACKLINK"
Post a Comment